Bisnis Transport Bis ala Hutagalung Bersaudara

Manola Hutagalung (Manola) serta Marion Hutagalung (Marion) yaitu dua saudara dari generasi ketiga dari Mangaradja Haolanan Hutagalung yang disebut founder dari perusahaan transportasi Arion Paramita yang saat ini sudah berkembang jadi Arion Holding yang membawahi 18 perusahaan, mencakup transportasi, pariwisata, property, keuangan, servis serta industri.

Walau kakek serta ayahnya sudah berhasil dengan Arion Holding, Manola serta Marion tidak ingin menggantungkan diri dengan berhasil usaha keluarganya itu. Oleh karena itu sebelumnya mereka di beri keyakinan oleh orang tuanya untuk melanjutkan usaha Arion, Manola serta Marion sudah berhasil menunjukkan kalau dianya dapat menggerakkan usaha yang lain.

Usaha di depok  yang digerakkan Manola serta Marion ini sendiri mempunyai topik yang semacam dari Arion yakni transportasi. Dibawah bendera PT Mano Marion Transportation, Manola serta Marion dapat menunjukkan kalau dianya dapat bangun usaha transportasi sendiri. Lantas bagaimana cerita dua entreprenur yang berhasil ini? Tersebut kisahnya.

 

Investasi Porter. id

Untuk bangun Porter. id ini Richard mengaku kalau ia keluarkan investasi sampai kian lebih Rp1 miliar. Dana yang tidak kecil ini sendiri didapat dari beberapa pendiri serta angel investor. Dari pendanaan ini Richard mengakui Porter. id masihlah digerakkan dalam step bootstrapping. Walau sekian karenanya ada peluang sebagian Venture Capital yang bakal masuk untuk step Seed, Richard mengharapkan usaha startup yang dibangunnya ini dapat lama serta berumur panjang.  Melihat Perkembangan Bisnis Start Up Di Industri  Logistik 

 

Hasrat yang Kuat untuk Patahkan Mitos

Bila mereka ingin, jadi mungkin saja Manola serta Marion dapat segera menggantikan serta melanjutkan usaha transportasi Arion yang dirintis oleh kakeknya Mangaradja Haolanan Hutagalung. Tetapi mereka tidak memikirkan sekian. Sebelumnya melanjutkan usaha sumur bor tangerang keluarganya ini mereka menginginkan miliki pengalaman yang cukup supaya langkahnya semakin mantap.

Bukan sekedar itu ketentuan mereka untuk meniti usaha sendiri ini dapat dalam rencana hasratnya mematahkan mitos kalau generasi ketiga dalam soal ini berlaku pada mereka hanya sebagai penghancur dari usaha keluarga.

Bisnis Transport Bis ala Hutagalung Bersaudara Dalam satu alur usaha keluarga memanglah di kenal satu mitos di mana generasi pertama bakal bangun, generasi ke-2 meningkatkan, serta generasi tiga menghancurkan. Mitos berikut yang menginginkan dipatahkan oleh Manola serta Marion waktu itu saat buka bisnisnya sendiri. Serta sekarang ini mitos itu sudah berhasil dipatahkan oleh mereka berdua.

 

Awal Mula Usaha Transportasi

Dari latar belakang di ataslah lalu Manola serta Marion selekasnya menggerakkan usaha ini pada Mei 2010. Walau sebenarnya mereka berdua waktu itu maih belum lulus kuliah. Dengan modal Rp 30 juta utang dari orangtua, Manola serta Marion lalu memperkokoh bisnisnya dengan beli Kia Travelo. Utang dari orang tuanya ini sendiri dapat dikembalikan kurun waktu tiga th..

Pada awal bisnisnya, kata Manola sebagai Presiden Direktur PT Mano Marion Transportation menyebutkan kalau usahanya tawarkan sebagian paket jas seperti wisata, travel serta antar-jemput pegawai. Sesudah lima th. berupaya, mereka berhasil menggaet client sebagian korporasi tidak kecil.

Kiat Pemasaran serta Pengembangan Usaha

Keberhasilan Manola serta Marion mengelola perusahaan tak lepas dari kiat pemasaran yang digerakkan. Terkecuali jenis pemasaran konvensional seperti memakai brosur serta spanduk, Manol serta Marion juga memakai pemasaran on-line seperti lewat website situs serta #media sosial Facebook. Untuk lebih memuaskan customer, mereka bikin satu tim pemasaran yang siaga 24 jam. Pekerjaan tim ini sendiri yaitu ganti mobil yang bila didapati ada rusaknya kepadanya.

Mendatangkan mobil baru pada client juga jadi kiat Manola serta Marion untuk bikin customer senang serta membuat diferensiasi. Untuk bikin usahanya makin diakui menurut Marion, Direktur Mano Marion Transportation dianya bakal memprioritaskan kwalitas. Untuk pengemudi sendiri mereka teratur mengikutkan kursus. Sedang dari segi perawatan mobil bisnisnya senantiasa bekerja bersama dengan bengkel resmi.

 

Perubahan serta Pencapaian Usaha Transportasi

Makin th. bisnisnya tunjukkan trend yang semakin berkembang. Oleh karena itu Manola serta Marion juga menggembangkan pasr B2B ke pasar B2C. Pasar B2C sendiri digerakkan pada bagian travel serta wisata yang memanglah mempunyai potensi paling tidak kecil, terlebih saat musim berlibur. Dari perubahannya ini Manola menyebutkan kalau bisnisnya dapat meraih omset sampai Rp200 juta per bulannya. Tiap-tiap tahunnya sendiri omset Mano Marion Transportation dapat tumbuh sampai 50%.

Bukan sekedar itu, Mano Marion Transportation juga sudah mempunyai 50 unit mobil, dari mulai kemampuan 16, 20, hingga 23 penumpang. Supir yang telah diambil oleh Manola serta Marion sendiri telah meraih 55 orang, di mana lima orang untuk cadangan. Sedang untuk staf di kantor sendiri ada 10 orang. Dengan rentang harga penyewaan dari mulai Rp 1. 200. 000 /hari untuk Jabodetabek serta Rp 1. 520. 000 /hari untuk maksud Bali jadi lumrah apabila omset perusahaan dapat meraih Rp 200 juta tiap-tiap bulannya. Bisnis Transport Bis ala Hutagalung Bersaudara